Saturday, March 10, 2012

Tips Cara Menghemat Bensin / BBM untuk sepeda motor

Kurang dari sebulan lagi harga Bensin / BBM akan dinaikkan secara signifikan oleh pemerintah, untuk itu kita perlu menjaga pengeluaran kita dengan cara menghemat penggunaa bensin pada Sepeda motor yang kita gunakan.
Dibawah  ada beberapa Tips untuk menghemat penggunaan bensin pada sepeda motor :

1.      Tune Up motor secara teratur, misal setiap 4000 Km sehingga motor dalam kondisi prima.
2.      Untuk pemanasan awal mesin tidak perlu lama-lama karena motor buatan sekarang sudah dibuat dengan presisi yang tinggi. Jika kelamaan selain boros bensin juga membuat knalpot cepat menguning karena tidak terkena angin.
3.      Usahakanlah Ban jangan dalam keadaan kempes karena akan membebani mesin / boros bensin untuk kecepatan motor yang sama. Untuk itu pompa ban sepeda motor paling tidak 2 minggu sekali. Sebagai gambaran untuk Motor bebek misalnya Honda Revo Absolute tekanan ban depan 29 Psi, Ban belakang 33 Psi ( berdasarkan Standard buku Honda ).
4.      Kendarai motor stabil pada kecepatan 30 – 40 Km/ Jam ( di dalam kota ), selain bisa santai juga aman . Jika semakin cepat akan semakin boros bensin karena Hambatan angin, Gesekan Ban dengan jalan dan Perubahan bentuk ban dari bulat ke lonjong/kelentingan/elastisitas Ban akan semakin besar yang menyebabkan boros bahan bakar.   
5.      Gunakan gigi persneling tinggi lebih awal.  Misalnya kita akan berkendara pada kecepatan maksimal 60 Km/jam, maka pada kecepatan ini gunakan gigi/persneling tertinggi pada motor.
6.      Jangan sering membleyer-bleyer Gas karena bensin yang terbuang sangat banyak.
7.      Jangan berjalan Zig-zag.
8.      Jika Lampu Merah sudah terihat dari jauh atau ada halangan/ kemacetan di depan kurangi kecepatan dengan menggunakan Gas seperlunya sehingga bensin bisa dihemat.

Semoga Tips diatas bisa membantu menghemat pengeluaran anda .


2 comments:

  1. Ralat pak: didalam kota maksimum 40km/jam hehehehe..

    ReplyDelete
    Replies
    1. O gitu yah Don, Sori baru tahu kekeke...

      Delete