Wednesday, January 13, 2016

Cara cek kalau struk pulsa listrik prabayar / Token PLN kita hilang


( Update: Server PLN untuk cek Token sampai sekarang masih Error dan masih belum diperbaiki, jadi tulisan dibawah tidak berfungsi --> bisa telpon langsung saja ke PLN nya : Kode Area+123 ( dari HP ) atau langsung 123 dari telepon rumah ). Yang terbaru - disarankan bisa download aplikasi : PLN Mobile bisa download di HP Android lalu sign in supaya bisa cek token yang sudah dibeli.

 


Waktu membeli pulsa Pra Bayar kita akan mendapatkan Token / kode angka 20 digit yang seharusnya dimasukkan pada Meteran Listrik / PLN. Tetapi bagaimana jika Token / kode angka ini belum sempat kita masukkan tetapi struknya entah terselip / hilang dimana. Jangan panik, karena kita masih dapat mendapatkan kode angka ini di homepage PLN.

Caranya masuk ke : ( Klik disini )


 Lalu klik panah ke bawah dan pilih IDPEL jika data yang kita punya adalah ID Pelanggan, isikan IDPEL kita ( 12 Digit Angka ) di kolom sebelahnya lalu klik Cari.



Maka kolom dibawahnya akan keluar semua data pelanggan : Nama, Tarif, Daya, Nomer Meter, Token, jumlah KWH, Daya, Tanggal Bayar, Jam Bayar, dll , bahkan data-data pembelian yang sudah lama.

Dengan cara ini kita tidak usah lagi panik jika struk Token hilang, selamat mencoba!

NB :
Pada waktu pembelian Token Listrik Prabayar, kadang-kadang juga ditanyakan Nomer Meter ( 11 Digit Angka ), hal ini juga bisa dilihat dengan cara yang sama dengan memasukkan IDPEL ( 12 Digit ).

81 comments:

  1. Mantaaaap gan 6 bulan lebih ane beli gak tau klo harus di masukin manual....sangat bermanfaat

    ReplyDelete
  2. Syukurlah.. berkat blognyaa masalah ana terpecahkan thanks bang

    ReplyDelete
    Replies
    1. ama-sama Sis, senang bisa membantu... :)

      Delete
    2. Cara bikin struk printer
      di server bie gmna ya.. Sy udah beli printer mini

      Delete
    3. Mas Rusli saya coba masukin no metet kok gak conect ke server ya ?

      Delete
    4. Ya saya juga mas kok gk conect

      Delete
  3. Tapi saya cek blm ada pada hari itu. Brp lama masuk ke sistem PLN

    ReplyDelete
    Replies
    1. Coba besoknya, biasa 1 hari kemudian baru masuk ke sistemnya...

      Delete
  4. bang, saya gak bisa buka cemmana initoken listrikkami hilang. uda coba tapi gak tau gimana cara nengok struknya

    ReplyDelete
    Replies
    1. Bisa coba cara diatas dengan memasukkan ID Pelanggan / Nomer meterannya...

      Delete
  5. Sangat membantu,terima kasih banyak.

    ReplyDelete
  6. Malam bang tdi aku beli pulsa listrik pakai sms bangking tpi token kehapus, setelah saya cek sesuai pedoman diatas kok blm ada datax bang

    ReplyDelete
  7. Saya bli token pake bri mobil..tapi kok gk dapat blsan SMS noker tokenya ya

    ReplyDelete
    Replies
    1. Bisa coba dicek lagi apakah transaksinya berhasil atau tidak, lalu cek lagi lewat link diatas...

      Delete
  8. Replies
    1. Sama-sama pak, senang bisa bermanfaat... :)

      Delete
    2. Gan ane ga bisa, katanya error server tidak tersedia

      Delete
    3. Mungkin servernya sedang bermasalah, bisa dicoba lagi besok atau lusa...

      Delete
    4. Sudah dijawab dari FB : PLN 123, bahwa memang saat ini di web PLN tidak tersedia menu pengecekan listrik. Untuk pengecekan bisa melalui :
      1. email ke Contact Center PLN : pln123@pln.co.id
      2. Telepon ke 123
      3. unduh aplikasi : " PLN Mobile " untuk Android OS 3 ( Ginger Bread ), OS 4 ( Jelly Bean ), OS 5 ( Lolly Pop ). Tetapi harus register dulu.

      Delete
  9. Replies
    1. Iya kayaknya lagi error, coba saya laporkan ke FB : PLN123...

      Delete
    2. Sudah dijawab dari FB : PLN 123, bahwa memang saat ini di web PLN tidak tersedia menu pengecekan listrik. Untuk pengecekan bisa melalui :
      1. email ke Contact Center PLN : pln123@pln.co.id
      2. Telepon ke 123
      3. unduh aplikasi : " PLN Mobile " untuk Android OS 3 ( Ginger Bread ), OS 4 ( Jelly Bean ), OS 5 ( Lolly Pop ). Tetapi harus register dulu.

      Delete
  10. Link diatas Server nya error..saya sudah unduh aplikasi pln mobile.tapi pas mau daftar harus masuki. No token pembelian terakhir..justru itu masalah nya..no token nya aja ilang..tolong info nya gan

    ReplyDelete
    Replies
    1. Saya sudah tanyakan ke Facebook PLN123 tapi jawabannya masih belum jelas, belum tahu akan diperbaiki atau tidak layanan pelanggan ini karena errornya sudah lama... :(

      Delete
  11. sudah dicoba tapi server tdk ditemukan :(

    ReplyDelete
    Replies
    1. Benar, PLN memang payah sekarang ini server tidak diperbaiki sampai lama, padahal saya sudah komplain juga ke Facebook PLN123 juga tidak ada perbaikan... :(

      Delete
  12. kok gk bisa,error terus ni pas loading pencarin data.....

    ReplyDelete
    Replies
    1. Benar, memang Server PLN error dan belum diperbaiki sampai sekarang mungkin bisa komplain ke Facebook : PLN123

      Delete
  13. Barusan saya coba ko jawabannya tidak dapat akses server ya?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Benar Sis, sudah beberapa lama Server PLN untuk cek Token tidak bisa diakses dan kayaknya belum ada perbaikan sampai sekarang... :(

      Delete
  14. Sy sdh coba tp servernya eror...so?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Sesuai update diatas...
      ( Update: Server PLN untuk cek Token sampai sekarang masih Error dan masih belum diperbaiki, jadi tulisan dibawah tidak berfungsi --> bisa telpon langsung saja ke : Kode Area+123 ( dari HP ) atau langsung 123 dari telepon rumah ).

      Delete
  15. kok saya ga bisa keluar no tokennya, yang keluar malah "tidak dapat akses server" maksudnya gimana ya... mohon penejelasannya.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Pak, sudah dari akhir Tahun Server PLN yang untuk akses tidak diperbaiki oleh PLN, bisa telpon saja ke 123, sekalian komplain server yang error melulu... :(

      Delete
  16. kalou telpon ke 123 apakah akan dapat jawaban mengenai token yang hilang..?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Bisa Sis, saya juga sudah coba... nanti akan dibacakan kodenya... :)

      Delete
  17. nggak bisa nich :(
    aku jual pulsa, tp kode tokennya kehapus dan temen ku lupa gmn caranya dapet kodenya lagi??

    ReplyDelete
    Replies
    1. Bisa telpon saja ke 123, sekalian komplain server yang error dan tanpa perbaikan...

      Delete
  18. bang klau digit nya cma 11 gmana?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Yang 11 digit itu nomer meter, tinggal diganti yang Nomer meter ( bukan ID pelanggan ). Tetapi untuk sekarang percuma saja karena Server PLN tidak bisa diakses / error...

      Delete
  19. udah klik kenapa gak bisa ya??? info prepaid nya eror??? langsung ke situsnya juga gak bisa??? mohon infonya, tq

    ReplyDelete
    Replies
    1. Bisa telpon saja ke 123, sekalian komplain server yang error dan tanpa perbaikan...

      Delete
  20. Replies
    1. IDPEL itu singkatan "Identitas Pelanggan" biasanya terdiri dari 12 digit angka...

      Delete
  21. Kok saya mau ke link yang tulisan "klik disini" itu selalu ga bisa mulu ya. Kosong terus laman nya

    ReplyDelete
    Replies
    1. Bisa telpon saja ke 123, sekalian komplain server yang error dan tanpa perbaikan...

      Delete
  22. Sekarang gak bisa lagi yah. Saya tes server tidak di temukan.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya sekarang tidak bisa karena memang tidak diperbaiki...

      Delete
  23. Kok gak bisa ya gan. Server tidak bisa ditemukan. Sampe saya download pln mobile yang terbaca cuma sampe tgl. 20 November 2017 sedangkan sy kehilangan di tanggal 26 November 2017

    ReplyDelete
    Replies
    1. Coba masuk jangan pakai mode Guest di PLN Mobile, tetapi dengan login,sebelumnya harus daftar/register dulu...

      Delete
    2. Kasusnya sama nih, pembelian terakhir (yg justru diperlukan) tidak muncul di app pln mobile. Sudah login jg dgn id pel terkait.

      Delete
    3. Iya memang utk PLN Mobile masih banyak "Bugs" nya, kalau pembelian lewat Toko Online seperti Tokopedia sebenarnya masih bisa dilihat dari sana...

      Delete
  24. Saya akhirnya download PLN Mobile di Hp gan, terus berhasil dapet nomer tokennya lagi. Makasih ya, sangat bermanfaat sekali buat blog seperti ini. Bisa membantu orang-orang di luar sana termasuk saya

    ReplyDelete
  25. Saya sudah download PLN Mobile di hp tp tetep ga bisa liat nomor tokennya. Yg keluar malah yg nomer token yg sudah saya masukin. Gmn caranya ya?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Mungkin bisa dicoba lagi besok pagi,atau bisa telpon langsung saja ke PLN nya : Kode Area+123 ( dari HP ) atau langsung 123 dari telepon rumah

      Delete
  26. apa hari minggu tdk bisa diakses saya sudah mencari token yang hilang ko katanya tidak dapat akses srver

    ReplyDelete
    Replies
    1. Mungkin bisa dicoba lagi besok pagi,atau bisa telpon langsung saja ke PLN nya : Kode Area+123 ( dari HP ) atau langsung 123 dari telepon rumah

      Delete
  27. Biasanya brp lama baru terdeteksi token yg hilang tersebut di aplikasinya mas? Krn saya isi ulang token via mbanking tp lupa di screenshot, jam 8an mlm saya beli token besok nya jam 8 pagi saya cek blm ada di aplikasi

    ReplyDelete
    Replies
    1. Yang terbaru - disarankan bisa download aplikasi : PLN Mobile bisa download di HP Android lalu sign in supaya bisa cek token yang sudah dibeli.

      Delete
  28. Sudah ke webnya sampe sekarang tidak dapat akses server. Ke aplikasinya pun lama sekali loadingnyaaaa

    ReplyDelete
    Replies
    1. Yang terbaru - disarankan bisa download aplikasi : PLN Mobile bisa download di HP Android lalu sign in supaya bisa cek token yang sudah dibeli.

      Delete
  29. Replies
    1. Yang terbaru - disarankan bisa download aplikasi : PLN Mobile bisa download di HP Android lalu sign in supaya bisa cek token yang sudah dibeli.

      Delete
  30. Aq bru az membeli token lwt mbanking dan lupa save gan,dan aq cek spt d atas tp kq server error.knp ea gan

    ReplyDelete
    Replies
    1. Yang terbaru - disarankan bisa download aplikasi : PLN Mobile bisa download di HP Android lalu sign in supaya bisa cek token yang sudah dibeli.

      Delete
  31. udah ga bisa atau emang lagi gangguan, nyoba berkali-kali hasilnya gagal koneksi server terus

    ReplyDelete
    Replies
    1. Kayaknya sudah tidak diperbaiki oleh PLN...
      Yang terbaru - disarankan bisa download aplikasi : PLN Mobile bisa download di HP Android lalu sign in supaya bisa cek token yang sudah dibeli.

      Delete
  32. ko ga bisa do akses y server pln nya error

    ReplyDelete
  33. Kami sudah beli token listrik via tkes hanya ada balasan teken yg anda beli lagi diproses to sdh dua hari belum ada realisasinya sedangkan saldo tkes sudah terpotong 50.000 rupiah, mohon petunjuk bagaimana caranya agar uang tersebut dapat dikembalikan atau token listriknya dikirim, terimakasih!

    ReplyDelete
  34. Saya beli token listrik nomer referensi ya kok cuma 18 angka seharusnya 20 angka gimana caranya agar bisa di masukan kmaren 18 angka saya masukan gagal terus

    ReplyDelete
    Replies
    1. Kalau 18 angka ya pasti gagal, beli dimana kok dapat hanya 18 angka? yang benar harusnnya 20 angka...

      Delete
    2. apa mungkin 2 angka lain diatasnya atau dibawahnya?

      Delete