Saturday, July 5, 2014

Cara mengganti sendiri Kabel Speedometer Sepeda motor Honda Revo Absolute

Jika jarum Speedometer Sepeda motor Honda Revo Absolute tiba-tiba tidak dapat bergerak lagi, ada kemungkinan kabelnya putus. Untuk mengganti kabel Speedometer Honda Revo Absolute sebenarnya cukup mudah asal kita punya alat yang tepat.



Tools / alat-alat yang dibutuhkan :

1. Kunci Pas 14 mm.
2. Kunci Sok T 8mm ( agak panjang ).
3. Obeng (+) plus sedang.
4. Obeng (-) minus kecil.



Sebelumnya cek dulu apakah benar kabel speedometernya yang putus :
1. Caranya tekan pada lubang pada kabel Speedometer dengan menggunakan obeng minus lalu tarik kabel ke atas sampai lepas. 


 2. Coba tarik bagian dalam kabel ( berupa seling berpenampang  kotak, jika putus maka akan lepas dengan mudah ( putus pada ujung biasanya ). Berarti kabel Speedometer memang putus dan perlu diganti.



Cara mengganti kabel speedometer :
1. Buka Cover atas / totok motor anda dengan melepas 4 baut (+)


2. Lepas juga Cover bagian depan : 1 baut segi 6 ( pakai kunci sok 8 mm ) , 4 baut (+) panjang dan 2 baut (+) pendek . Lepas juga kedua spion dengan menggunakan Kunci Pas 14 mm.


3. Ungkit Cover depan dengan hati-hati sampai lepas, lalu buka ujung kabel speedometer yang menempel pada Speedometer dengan tangan sehingga lepas. Setelah itu pasang kabel Speedometer dari bagian bawah dulu ( dekat roda ) lalu masukkan ke atas. Sebelum kabel Speedometer baru dipasang ke Speedometer ada baiknya masukkan sedikit oli / gemuk ke dalam kabel speedometer supaya kabel speedometer baru lebih awet dalam pemakaiannya.Untuk mengencangkan mur pada Speedometer atas jangan menggunakan Tang tetapi cukup dengan tangan saja sehingga tidak menyulitkan waktu akan dibuka lagi.


Untuk mencoba apakah kabel speedometer sudah berfungsi, dalam posisi motor di standard tengah, putar roda depan ke arah depan ( seperti waktu jalan ) dengan tangan sambil dilihat apakah jarum speedometer bisa bergerak.

Selamat mencoba!

16 comments:

  1. Terimakasih infonya sangat bermanfaat :)

    ReplyDelete
  2. Tararengkiuuu.....
    Lamgsung praktek ma kuda besi honda new blade..
    susah banget ngeluarin kabelnya..
    Akhirnya Tuhan YME merasa kasihan melihat hambanya kesusahan dan diberikan kemudahan..
    Syukur dengan menyebut Allah Yang Maha Besar..
    Akhirnya selesai sudah..

    Thank's mas bro..

    ReplyDelete
  3. kalau untuk ganti kabel kiprok supra 125 gan

    ReplyDelete
    Replies
    1. Maaf pak saya juga belum pernah ganti kabel kiprok hehehe...

      Delete
  4. saya sudah ganti kabelnya, tp waktu di tes dgn putar ke depan, jarum tdk bergerak, namun kalau ke belakang, jarum malah bergerak...
    mohon solusinya..
    thx...
    bisa di kirimkan lwt email saya...
    tkx

    ReplyDelete
    Replies
    1. Putar ke depan / belakang memang patokannya agak membingungkan, bisa dicoba jalan saja apa tetap terbalik?

      Delete
  5. kemungkinan jarum tidak bergerak saat di putar kedepan berkemungkinan gigi tromol / rumah dari speedometer sudah habis / aus.. apa bila sudah habis atau aus harus di ganti dikarnakan giginya tromol atau rumah dari speedometer yang sudah tidak makan dengan gigi speedometer nya maka bisa terjadi kayak gitu..

    ReplyDelete
    Replies
    1. Terima kasih pak untuk tambahan informasinya... :)

      Delete
  6. nyopot bawah nya susah banget ya..

    ReplyDelete
    Replies
    1. Maksudnya melepas kabel speedometernya? kalau berat coba disemprot dengan WD40 dan digerak-gerakkan sedikit, juga lihat konstruksi Kabel yang baru supaya tidak salah tarik... :)

      Delete
  7. Tutorial yang bermanfaat, saya juga udah praktekin di motor supra x 125 helm in, ternyata gak susah. Bahkan video tutorialnya saya buatkan di youtube, bisa cek dan tonton di chanel youtube saya "STRADA MOTOLIFE"

    ReplyDelete