Tuesday, April 1, 2014

Cara Mengurus "Mutasi Masuk" Sepeda Motor ke Samsat Manyar - Surabaya Timur ( Maret 2014 ) Bagian 2

Setelah melakukan mutasi keluar dari Sidoarjo ( klik disini ), sekarang waktunya untuk melakukan mutasi masuk ke Samsat Surabaya Timur - Manyar Kertoarjo.

Denah Samsat Manyar - Surabaya Timur



Dilokasi:

1.Usahakan datang pagi karena proses harus bolak-balik. Saya sampai disana jam 8.45. Langsung saja masuk ke Bagian samping kanan Gedung Samsat menuju Bagian Cek Fisik ( lihat denah), taruh motor disana tetapi jangan di kunci stir.

2. Langsung menuju ke Loket Cek Fisik, bilang akan "Mutasi Masuk" maka Map akan dicap "Kendaraan datang".



3. Lalu ke Loket 1 tunjukkan Map dan KTP asli ( karena saya mengurus Motor atas nama istri ) --> diberikan Formulir.



4. Bawa Map dan Formulir tadi ke Bagian Cek Fisik dan tunjukkan ke Petugas yang berseragam biru muda tangan panjang - 3 garis putih pada lengan / Warna biru tua ( Khusus Cek Fisik / esek-esek ) dan membawa alat besi untuk esek-esek nomer rangka / mesin.




Jangan mau jika ada yang tidak berseragam menawarkan untuk esek-esek nomer rangka/mesin karena itu adalah Calo. Setelah Formulir di esek-esek nomer rangka dan nomer mesinnya, formulir dikembalikan ke kita. Petugas biasanya minta biaya seikhlasnya, waktu itu saya beri 5 ribu( seharusnya tanpa biaya ).

5. Masukkan berkas ke Loket Cek Fisik dan tunggu panggilan. Sementara menunggu panggilan, pindahkan motor ke parkir motor di seberang Samsat ( karena akan mengganggu lalu lintas cek Fisik ).

6. Setelah itu disuruh membawa berkas ke Mapolda ( di Jl. Ahmad Yani ) 





Klik disini
(Cara Mengurus "Mutasi Masuk" Sepeda Motor di Polda Jatim - Surabaya) Bagian 3




Kembali ke Samsat Manyar - Surabaya Timur

1. Dari Polda mengambil berkas lalu langsung kembali lagi ke Samsat  Manyar.
Sampai di Samsat sudah jam 10.00, langsung menuju Loket 1 dan diberi formulir untuk diisi. Waktu pengisian sempat dibantu oleh Pemandu ( yang siap membantu tanpa biaya ).

2. Setelah diisi masuk ke Pintu Utama Samsat lalu belok kanan sampai ujung terus belok kiri, naik tangga ke lantai 2, cari ruang di sebelah kanan yang bernama : Paur Samsat, berikan berkas-berkas yang akan diberi cap "MPR" ( kalau tidak salah ).


3. Turun lagi lalu menuju Loket 21 ( Mutasi Masuk ), Berikan Berkas-berkas, maka BPKB asli dan Faktur ( biasanya dijepret dibelakang BPKB - isinya surat pembelian Dealer motor AHM - kalau merk Honda ) dikembalikan. Jika petugas lupa coba diminta saja ( waktu itu Faktur lupa dikembalikan ).



4. Tunggu panggilan dari Loket 24 ( Kasir BBN KB Baru dan Mutasi ), Bayar Pajak STNK , waktu itu bayar 189.500 ( dapat bukti Pajak yang biasanya ditaruh dibelakang STNK ).



5. Tunggu panggilan dari Loket 27 ( Pembayaran Plat dan TNKB ), Bayar 80 rb  ( Plat nomer dan STNK baru ). Bukti Bayar ditumpuk untuk antri.



6. Tunggu panggilan dari Loket 28 ( STNK 5 Tahun & Plat), Dapat Plat Nomer,STNK dan Mika STNK, disuruh Cek dulu lalu tandatangan di penerimaan.



Selesai kira-kira jam 11.10.
Plat Nomer yang diterima ini masih "Plat sementara" ( belum ada stempel Samsat dan tidak ada list putih seperti Plat nomer seperti pada umumnya ), mungkin karena stok habis, bulan Agustus 2014 baru bisa ambil Plat Nomer yang sebenarnya.


Total Biaya Mutasi Masuk : 5.000 + 189.500 + 80.000 = Rp 274.500,-


40 comments:

  1. Pak dari naruh berkas sampai keluar stnk & plat nomer berapa hari....?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Untuk Mutasi Masuk sebenarnya bisa 1 hari, masalahnya harus ke Mapolda segala. Di Mapolda dari masukkan berkas masih menunggu 7 hari baru bisa diambil dan kembali ke Samsat Manyar ( semua proses sudah ada diatas dan link/URL ke Mapolda nya ).

      Delete
  2. Terima Kasih Banyak untuk informasinya.
    Saya harus mengurus mutasi masuk juga ke samsat manyar.
    Informasi ini berguna sekali.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Sama-sama, saya baru saja di Bulan Oktober kemarin urus lagi mutasi untuk motor yang lain, langkah-langkahnya masih tetap sama... :) hanya yang terakhir ini plat nomer langsung keluar yang asli tetapi STNKnya blangkonya masih kosong, jadi masih tunggu STNK asli 3-6 bulan ke depan... :(

      Delete
  3. rochiman sasmita January 9,2015. INFONYA SANGAT BERMANFAAT BAGI SIAPA SAJA YANG BERKEPENTINGAN. TERIMAKASIH

    ReplyDelete
  4. Pak haisin terima kasih untuk infonya,sangat bermanfaat untuk semuanya, terutama untuk memberantas percaloan!
    Menyambung dengan artikel Bapak, ada sedikit pertanyaan dari saya, apabila status motornya tangan ke2 dengan bpkb dan stnk masih tetap nama orang pertama, dokumen tambahan apa yg seperlunya dipersiapkan? Terima kasih

    ReplyDelete
    Replies
    1. Saya belum pernah mutasi dari orang ke2 ( beli dari orang lain ), kemungkinan : Jika Samsat asal dan tujuan tidak dalam 1 Lokasi kayaknya harus melakukan "mutasi keluar" dan "mutasi masuk".
      Mutasi Keluar bisa dilihat di : http://haisinrusli.blogspot.com/2014/03/cara-mengurus-mutasi-keluar-sepeda.html

      Delete
    2. Jika beli / dari orang ke 2, harus ada tambahan : Kwitansi bermeterai yang berisi harga motor / mobil ( sebagai bukti jual-beli ) dan kayaknya juga Surat Kuasa dari pemilik Motor/Mobil, selain KTP asli...

      Delete
  5. Wow prosesnya sangat panjang yaa.. Saya juga akan melakukan mutasi keluar dari surabaya dan masuk ke sidoarjo. Kira-kira utk alur proses dan biayanya tidak jauh beda ya pak?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya memang prosesnya panjang, ini PR buat Samsat supaya lebih praktis lagi... ;P Untuk alur proses dan biayanya tidak jauh beda, hanya kalau di Sidoarjo, STNK akan dikenakan tambahan Parkir berlangganan, untuk motor sekitar 25 ribu...

      Delete
  6. Muhammad OktavianoJanuary 29, 2015 at 8:47 AM

    Jika alamatnya berbeda tapi masih dalam 1 kota apakah tetap harus melalui proses mutasi keluar dan masuk? alamat awal istri surabaya selatan, skrg KTP nya menjadi surabaya utara.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Saya belum tahu pak, nanti kalau ada info akan saya jawab yah...

      Delete
  7. Wah info yg sangat bermanfaat & sangat mendetail. Terima kasih banyak sharingnya.

    ReplyDelete
  8. thanks for the info, visit us also to http://jasapenyewaanpartisi.blogspot.com/ or http://moelyhadjati.blogspot.com/

    ReplyDelete
  9. makasih infonya kang..
    tadi aku baca biaya mutasi di tetangga sebelah gede juga n ampe takut mau mutasi

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya, kalau ada waktu lebih baik diurus sendiri saja...

      Delete
  10. mas klo dari mapolda lalu ke samsat motornya harus di bawa atau bisa pakai motor lain

    ReplyDelete
    Replies
    1. Bisa pakai motor lain karena pemeriksaan sudah selesai... :)

      Delete
  11. luar biasa mas Rusli infonya. Apa ada nggak ya info kalo di Samsat Surabaya Utara di Jl Tambak Wedi (jalur Suramadu), karena wilayah domisili saya di Surabaya Utara

    ReplyDelete
    Replies
    1. Terima kasih Mas Susilo, maaf saya hanya menuliskan pengalaman saya di Surabaya Timur, untuk di Surabaya Utara mestinya urutan langkahnya sama saja hanya lokasinya berbeda... :)

      Delete
  12. chizhuu@yahoo.co.idOctober 26, 2015 at 10:19 AM

    terima kasih info blognya sgt membantu pak. mohon info jika surat dari mapolda sdh kluar apakah kita lgs kembali kesamsat manyar ??? bisakah kita kesamsat manyarnya dipending smp bbrp hr gitu pak ?? krn jatah cuti saya sdh abis, he....mohon infonya pak dan terima kasih :)

    ReplyDelete
  13. Iya pak kalau waktunya cukup lebih baik langsung ke Manyar, daripada cuti terus hehehe... kalau dipending beberapa hari juga tidak apa-apa... :)

    ReplyDelete
  14. Klu untuk bpkb diperbaharui jg ya???, apa lgsg jadi???

    ReplyDelete
    Replies
    1. BPKB diperbarui waktu di Mapolda, 7 hari baru jadi, bisa lihat di :
      http://haisinrusli.blogspot.co.id/2014/04/cara-mengurus-mutasi-masuk-sepeda-motor_1.html

      Delete
  15. terima kasih infonya, sangat membantu..

    ReplyDelete
  16. Pak, kira2 berapa biaya mutasi motor all in dari surabaya timur ke surabaya barat ya? mohon diberikan penjelasan detail, jk tdk keberatan ^^

    ReplyDelete
    Replies
    1. Biaya tergantung jenis motor dan tahunnya.
      Sebagai gambaran saja, pada Maret 2014 saya mutasi motor bebek thn 2009--> Mutasi Keluar 113 rb + Mutasi masuk 272 ribu = Total 385ribu. Ini sudah termasuk pembayaran Pajak Motor 1 Tahun ke depan...

      Delete
  17. Terima kasih mas Haisin rusli info nya bermanfaat sekali.. saya barusan melakukan mutasi masuk dari denpasar ke surabaya, step stepnya saya ikutin dari tulisan mas haisin.. sekarang tinggal nunggu 7 hari lagi dari mapolda :-)

    ReplyDelete
  18. Cara mengurus mutasi masuk sekalian balik nama sekarang masih sama ta mas kayak diatas?
    saya mau mutasi masuk motor Jakarta kesurabaya, tapi ktp saya Jawa Tengah, boleh nggak ya? soalnya saya tinggal di Surabaya.
    tolon infonya

    ReplyDelete
    Replies
    1. Masih sama pak, paling-paling hanya berubah nomer loketnya saja.
      Setahu saya mutasi harus sesuai KTP yah, kalau KTP Jawa tengah berarti tidak bisa mutasi ke Surabaya...

      Delete
  19. Terima kasih bnyk kasusx persis yg q alami skr jd berharga artikel ini..klo boleh tau itu kasusnya tahun brp ya

    ReplyDelete
    Replies
    1. Sama-sama, ini kasus bulan Maret 2014, mungkin sekarang ada sedikit perubahan nomer loket, tapi secara garis besarnya masih mirip... :)

      Delete