Friday, September 19, 2014

Cara mengisi aki kering Honda Revo Absolute ( Merk Yuasa )

Apa itu Aki Kering?

Aki kering itu sebenarnya hanya istilah saja untuk aki "bebas perawatan" / "Maintenance free" ( MF ).
Aki kering ini juga banyak menggunakan cairan elektrolit di dalamnya seperti pada aki basah, jadi tidak benar-benar kering seperti batu baterai misalnya. Perbedaannya dengan aki basah, elektrolit pada aki kering relatif penguapannya lebih kecil dibandingkan aki basah, sehingga kita tidak perlu lagi mengisikan air suling ke dalamnya.

Pada motor Honda Absolute Revo, sudah menggunakan aki kering jika beli baru. Karena "bebas perawatan" maka Aki ini diletakkan di bawah Jok, bahkan di bagasi paling bawah. Desain ini disebabkan aki merupakan part yang kecil tetapi relatif berat sehingga jika diletakkan di tengah motor ( dan agak bawah ) akan membuat titik berat motor stabil di tengah.


Untuk Aki kering motor Revo Absolute ini sebenarnya ada 2 buah merk yang merajai pasaran yaitu :

1. Aki kering Merk GS 
Typenya : GTZ5S


Aki ini relatif lebih mahal dari merk Yuasa sekitar 15-20 rb.
Tetapi aki ini sudah diisi cairan elektrolit oleh pabriknya sehingga praktis dan tinggal pasang saja.

2. Aki kering Merk Yuasa
Typenya : YTZ5S
12 V - 3,5Ah

Aki ini relatif lebih murah dari merk GS sekitar 15-20 rb.
Tetapi aki ini belum diisi cairan elektrolit oleh pabriknya sehingga kita harus mengisi sendiri.



Dalam hal ini penulis akan mencoba menjelaskan cara pengisian aki kering Merk Yuasa, dengan pertimbangan harga lebih murah dan juga dengan mengisi sendiri maka diharapkan aki lebih awet ( karena sel-sel baru aktif  saat akan dipakai ).

Alat yang dibutuhkan :
1. Obeng + sedang ( bawaan motor Honda ).
2. Palu.



Caranya :
1. Pada Aki Yuasa kita akan mnerima dus aki yang relatif lebih besar dari Merk GS, karena cairan elektrolit ditempatkan pada container plastik putih terpisah ( lihat foto )


2. Baca dahulu manual cara pengisian yang disertakan.
Letakkan aki pada tempat yang datar. Lalu lepas sticker panjang penutup aki, perhatikan pada ke 6 lubang ada ujung lancip yang berguna untuk menusuk tutup container cairan elektrolit.



3. Buka tutup Plastik hitam panjang pada container elektrolit ( jangan dibuang - karena akan dipakai untuk menutup aki ). Hati-hati jangan membuka tutup aluminium pada cairan elektrolitnya! karena cairan ini berbahaya jika terkena kulit.


4. Balik container plastik putih, paskan / luruskan pada setiap lubang yang tajam pada aki, lalu tekan dengan dengan rata ( agak cukup keras ) supaya tutup aluminium berlubang dan cairan elektrolit akan masuk ke dalam aki pada setiap sel aki. Ketuk-ketuk 2 -3 x pada container putih, jika ada gelembung udara berarti cairan sudah mulai masuk. Biarkan 10-20 menit supaya semua cairan masuk ke dalam aki.


5. Setelah terlihat elektrolit pada container plastik putih sudah habis, cabut container putih ini.
Lalu pasangkan  tutup Plastik hitam panjang pada aki supaya cairan tidak bisa keluar lagi dari aki.
Gunakan palu dan pukul secara perlahan pada setiap lubang aki, pastikan semuanya sudah tertutup dengan rapat.


Selesai! Aki siap dipasang pada motor anda ... :)




34 comments:

  1. nama cairan pada aki yuasa itu apa bos?kalau beli di toko aki ada gak kira2? harganya berapa jg ya?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Untuk cairan Aki kering saya kurang tahu namanya karena sudah dijual 1 paket dengan aki keringnya, biasa yang dijual di Toko adalah air aki ( Aquadestilatta / air suling ) dan Accuzuur ( jika isi aki basah baru )...

      Delete
  2. Mas bro it aki nya perlu d chager dl gk sblm d pake???dr petunjuknya harus d charger 100%..thx

    ReplyDelete
    Replies
    1. Sudah diisi langsung bisa dipakai pak... kalau dicharge dulu jadi repot karena konsumen tidak punya chargernya... :)

      Delete
  3. Ane pk yg mrk gs gold shine bwt honda blade.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya pak untuk merk lain prinsipnya jg sama saja... :)

      Delete
  4. mau nanya nich, karena kesalahan perkiraan kemarin sy terlanjur beli aki baru yuasa. padahal aki yg lama masih bisa dipakai. akhirnya akhir yg baru mau sy simpan ??? gimana perlakuannya ??? apa ada triknya supaya aki baru yg disimpan tetap awet ????

    ReplyDelete
    Replies
    1. Supaya awet disimpan, cairannya jangan dimasukkan dulu sampai pada waktu akan dipakai. Lalu simpan pada tempat yang kering tapi sejuk... :)

      Delete
  5. Kalo aki kering merk GS udah pernah dipake dicas basa ga gan

    ReplyDelete
    Replies
    1. Mestinya bisa, asal akinya belum rusak, dalam hal ini sel aki dan elektrolit masih bagus...

      Delete
  6. Terimakasih atas informasinya gan, sangat bermanfaat sekali.

    visit : http://www.rajalistrik.com/

    ReplyDelete
  7. PERMISI GAN NANYA DONG KALO BUAT MOTOR YAMAHA MISAL JUPITER Z ITU MASALAH GA THANKS

    ReplyDelete
    Replies
    1. Kalau untuk Yamaha tipe Aki nya berbeda pak...

      Delete
  8. mas bro... kalo aki kering posisinya pemasangannya boleh ke samping gak?? apa harus ke atas??

    ReplyDelete
  9. Seharusnya tetap harus ke atas, kalau ke samping kemungkinan sel aki tidak terendam cairan seluruhnya, jadi bisa akinya cepat rusak...

    ReplyDelete
  10. mas klaw dalam pemasangan aki baru ada kesalahan....misalkan sudah diisi airnya langsung ditutup ,,,masalah gk sama akinya?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Saya kurang jelas yang ditanyakan, kalau cairan elektrolitnya diisikan ke semua sel dan langsung ditutup mestinya tidak apa-apa...

      Delete
  11. Informasi leengkap mas...

    Kebetulan motor ane juga abs revo

    ReplyDelete
  12. Saya baru beli Aki Yuasa YTZ5S.Keenam enamnya air raksa/asam sulfat (+) bukan.Kalau bukan,mana cairan asam sulfat/air raksa,dan mana air mineral (-).Gimana cek yg benar air raksa/asam sulfat (+) dan air mineral (-).

    ReplyDelete
    Replies
    1. Air yang digunakan di aki kering itu bukan air raksa, tetapi accuzuur ( baca:akisir )/asam sulfat. Air suling ( bukan air mineral) tidak diperlukan pada aki kering. Positif dan Negatif tidak ada hubungannya dengan jenis cairan...

      Delete
  13. Mo tanya saya beli aki yuasa baru tp gak liat ada airnya.. langsung dpasang aja.. itu bgmnmin???
    Ada pengaruhnya gak. Motor saya revo lama 100cc..

    ReplyDelete
    Replies
    1. Kayaknya itu yang tipe baru, sudah diisi dari pabriknya, bisa dipasang langsung...

      Delete
  14. Gan accu kering cairanya berapa cc/ml.trim's

    ReplyDelete
  15. Maaf pak saya tidak tahu, karena sudah bawaan dari akinya. Lagipula tiap aki motor isinya berbeda...

    ReplyDelete
  16. Berulang kali percobaan,Aki GS ngak bisa naik tegangannya usai diisi aki zuur dan dicas.Jadi Aki GS adalah Aki lempar (abis cairan aki zuur nya,langsung lempar).

    Kalau aki Yuasa bisa digunakan lagi,hampir sama dengan Aki Basah bisa diisi ulang cairan Aki Zuur tiap 4 bulan sekali.Batas pengisian jangan meluap,batas pengisian sebatas diatas kertas putih,lihat pakai senter lubangnya.Ketinggiannya harus seimbang,ukur pengisian dengan pipet/jarum suntik.Setelah diisi,diamkan sekitar 2 jam.Pertama kali gunakan sepeda motor harus diengkol dulu,untuk penyesuaian arus.Jangan di cas,ngak perlu.kali.

    Aki GS hanya bisa diakali pertama kali belitambahin Aki Zuur Rp.3000 botol merah,ukurannya 5cm sepanjang pipet/jarum suntik lalu tutup.Diam sekitar 2 jam,pertama kali sepeda motor dihidupkan harus diengkol untuk penyesuaian.Isi aki zuur botol merah tiap 4 bulan sekali,batas pengisian seperti dijelaskan diatas.

    Jika Aki Yuasa lupa diisi hingga 8 bulan lebih,aki bisa selamat hidup lagi.Asalkan sambungan 1,2,3,4,5 & 6 didalam aki tidak putus.Jika putus setelah dibongkar atau digergaji akinya sebatas diatas kertas putih,sambungan yang putus disambung ke tukang las.

    Saat disambung ke tukang las,tukang las menyambung anda menyiram sisi lokasi sambungan gunakan jarum suntik sedikit demi sedikit.Tujuannya agar kandingan aki tidak rusak.Sambung lagi potongan aki yang digergaji,sambung dengan solder.Isi ulang aki secara penuh sebatas kertas putih.Diamkan 2 jam.Mudahan selamat bisa hidup lagi.

    Untuk Aki GS Wallahualam bisa digunakan dengan cara perbaiki aki Yuasa diatas,walaupun sekaligus di charger.Dipastikan langsung lempar.

    ReplyDelete
  17. aki ane soak lemah mati tipe yuasa ytz4v itu buat motor jupitr z

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya betul, YTZ4V bisa untuk motor Jupiter...

      Delete
  18. urutan cairannya apa bisa dibalik ?

    ReplyDelete