Monday, July 29, 2013

Luka / sakit pada Ibu jari yang tak sembuh-sembuh karena cantengen


Luka yang tidak sembuh-sembuh pada ibu jari sangat menjengkelkan. Apabila tersentuh sedikit saja maka akan mengalami sakit yang luar biasa.

Sebelumnya penulis pernah mengalami hal ini, luka kecil yang sebenarnya biasa saja seperti luka waktu kita menggunting kuku terlalu pendek seharusnya dalam 1- 2 hari akan sembuh karena kuku sudah bertambah panjang.Tetapi pada suatu waktu luka kecil ini tidak sembuh-sembuh  sampai beberapa Minggu dan malah menimbulkan benjolan pada kulit ibu jari.

Penulis coba berikan obat mata ikan / kutil bernama : Collomack ( sekarang mungkin yang ada merk Callusol ). Ternyata  obat tersebut hanya melepas benjolan kulit tersebut tetapi tidak bisa menyembuhkan luka kecil yang semakin melebar.

Akhirnya penulis ke Dokter dan diberi obat minum Antibiotik serta salep " Sagestam " ( Gentamicin buatan Sanbe , bukan promosi yah - hanya ingin share saja... :)   ) Mungkin bisa juga menggunakan salep Generik Gentamicin yang biasa.





















Ternyata hanya dalam 1 - 2 hari saja luka sudah kering dan sembuh!

Jadi luka tersebut disebabkan oleh virus / bakteri yang tidak bisa mati tanpa diberi salep Gentamicin.


Pada waktu kedua kalinya Penulis mengalami hal yang sama, cukup dengan mengoleskan Sagestam ini dan dalam 1 - 2 hari sakitnya sudah sembuh ( tanpa minum antibiotik lagi ) .


Cara penggunaan :
1. Oleskan tipis-tipis saja pada luka pada ibu jari.
2. Tutup luka ini dengan tensoplast.
3. Jika basah kena air; tensoplast bisa diganti, dan olesi salep ini lagi ( sehari sekitar 3- 4 kali )
.
Jika luka masih belum sembuh juga bisa hubungi dokter.

Semoga Posting ini berguna bagi anda yang membacanya!









No comments:

Post a Comment