Tuesday, April 1, 2014

Cara Mengurus "Mutasi Masuk" Sepeda Motor di Ditlantas Polda Jatim - Surabaya ( Maret 2014 ) Bagian 3

Sebelumnya kita harus ke Samsat dulu utk cek Fisik, dll  ( Cara Mengurus "Mutasi Masuk" Sepeda Motor di Polda Jatim - Surabaya ) Bagian 2

Lokasi Ditlantas Polda Jatim

Jalan Ahmad Yani Surabaya ( setelah RS Bhayangkara kalau dari putaran Dolog / Bulog )

No Telp : 0813-3070-7713




Denah Mapolda Jatim - Jalan Ahmad Yani




1. Masuk ke Mapolda akan ada petugas, minggirkan motor pada sebelah kiri, lepas Helm dan Jaket, lalu lapor ke Pos disebelah kanan apa keperluannya.Bilang saja akan "mutasi masuk motor".  Berikan tanda pengenal ( KTP / SIM ) untuk ditukar "Kartu Tamu".

2. Lalu lurus , belok kanan dan belok kiri ( Lokasi sesudah Kantin ), ada tulisannya Direktorat Lalu Lintas. Parkir motor ( sementara ) di seberang gedung ini.





3. Masuk lurus ke "Ruang Pelayanan Mutasi BPKB" dan serahkan Map yang ada di bagian paling kiri.  Ternyata disini dibutuhkan 4 lembar berkas yang harus difotocopy, waktu mau fotocopy ke sebelah Kantin ternyata tutup kalau hari Sabtu... dan tanya sana-sini tidak ada fotocopy lagi disana, terpaksa keluar lagi dari Mapolda dan fotocopy diluar.







Fotocopy tutup


 
Berkas yang harus difotocopy ( 4 lembar - fotocopy 1 kali ) antara lain : Surat Keterangan Pindah Pengganti STNK, Daftar Kelengkapan Dokumen Mutasi Ranmor ke Luar Daerah, Surat Keterangan Fiskal dan Surat Mutasi Ranmor. Juga 1 lembar Fotocopy KTP.


4. kembali lagi ke Mapolda, lalu serahkan Map seperti diatas, lalu diberikan "Resi Pengambilan" untuk mengambil berkas 7 hari lagi dan "Surat Keterangan Pindah Pengganti STNK" ( jika ada razia di Jalan bisa ditunjukkan ke petugas ).




NB :

Jam Pelayanan  Pelayanan Mutasi BPKB 

Senin - Kamis : Jam  08.00 - 11.30
Jumat - Sabtu : Jam  08.00 - 11.00


NB:

Disarankan sebelum ke Mapolda, Fotocopy dulu : ( 1 kali saja )
Surat Keterangan Pindah Pengganti STNK, Daftar Kelengkapan Dokumen Mutasi Ranmor ke Luar Daerah, Surat Keterangan Fiskal dan Surat Mutasi Ranmor ( ke 3 berkas diatas berwarna hijau ). Juga 1 lembar Fotocopy KTP.


7 Hari kemudian

1. Masuk langsung ke "Ruang Pelayanan Mutasi BPKB" dan serahkan Resi Pengambilan yang ada di bagian paling kanan. Setelah dipanggil tunjukkan KTP / SIM asli yang masih berlaku.



2. Hanya butuh 20 menit kemudian dipanggil, diberikan Map dan BPKB ( yang dalamnya sudah ditulis plat nomer yang baru ). Dalam Hal ini BPKB tidak diganti karena nama pemilik tetap ( hanya "pindah alamat" ). Tidak ada biaya sama sekali, pelayanannya bagus... :)




NB:
Di Ruang tunggu ada biaya 80rb ( utk Roda 2 /3 ) dan 100 rb ( utk Roda 4 ) kemungkinan jika ganti nama pemilik / Ganti BPKB baru.



( Kembali lagi ke Samsat Manyar - Surabaya untuk proses selanjutnya )


Lihat:
Cara Mengurus "Mutasi Masuk" Sepeda Motor ke Samsat Manyar - Surabaya Timur ( Maret 2014 ) Bagian 2



16 comments:

  1. kalo mau mutasi dari surabaya ke jmber apa nantinya setelah mutasi keluar juga harus ke mapolda jati surabaya mas...atau di mapolda jember?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Kalau tidak salah tetap harus ke Mapolda Jatim di Surabaya, karena Mapolda ini tingkatnya Propinsi ( Jawa Timur )...

      Delete
  2. Pagi ini aq habis dr mapolda jatim ngurus mutasi dr sidoarjo ke samsat ketintang. Tp kok aq tetep disuruh bayar 80rb padahal atas nama tetap cuma pindah alamat aja, kok bs aq disuruh bayar?? Huft...

    ReplyDelete
    Replies
    1. Saya sudah 2 kali mutasi motor tidak dikenakan biaya ini kok... :)

      Delete
    2. Kemungkinan di keterangan waktu Mutasi keluar tidak ditulis " Mutasi sesuai KTP tujuan..." supaya jelas mutasi ini karena KTP kita ganti ( tetapi orangnya sama )...

      Delete
  3. Ijin tanya pak....
    Proses untuk mobil apakah sama

    ReplyDelete
  4. Klo mutasi dari motor jakarta plat B ke bondowoso plat P
    Apa ada alternatif untuk ngurus BPKB nya di tempat selain polda jatim..soalnya lokasinya jauh dari rumah

    ReplyDelete
    Replies
    1. Setahu saya kalau di Jatim memang ke sini, tetapi mungkin bisa ditanyakan ke Samsat terdekat...

      Delete
  5. Saya mau mutasi kendaraan dari bali ke situbondo. Masih proses cabut berkas oleh saudara di bali. Setelah itu apakah saya harus ke samsat situbondo dulu. Atau ke polda jatim dulu.? Mohon pencerahannya. Terimakasih

    ReplyDelete
    Replies
    1. Kalau dari pengalaman saya, seharusnya ke Samsat Situbondo untuk Cek fisik dll, lalu ke Polda Jatim dan balik lagi ke Samsat Situbondo untuk proses selanjutnya... bisa lihat di tulisan saya ini ( bagian 2 dan 3 )...

      Delete
  6. Benar, ke Samsat yang kita tuju utk mutasi dulu utk cek fisik, kemudian berkas lengkap dibawa ke polda utk crosscheck dan mendapatkan surat rekomendasi crosscheck, setelah itu balik lagi ke samsat kota tujuan mutasi berkas diperiksa ulang di bagian cek fisik utk kemudian diarahkan ke loket 1 utk proses mutasi berkas. STNK proses jadi 1 pekan, BPKB maks 6 bln. Ini pengalaman saya dua kali mutasi lintas propinsi dari Semarang ke Gresik.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Terima kasih Pak Abu Ahmad untuk konfirmasinya...

      Delete
    2. Sore Mas Abu, mau tanya pengalaman mas Abu. Kalo proses crosscheck di Polda Jatim , berapa lama waktu tunggunya dan apakah hari Sabtu Dirlantas Polda Jatim buka ? Terima kasih

      Delete
  7. Saya dari bali mutasi ke malang kok di suruh ke polda jatim? Kan jauh mondar mandir nya,,,

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya, karena Malang masuk wilayah Polda Jatim untuk penulisan BPKB nya...

      Delete